Resep membuat bakso daging sapi

Bakso sampai saat ini masih jadi makanan terfavorit khusunya bagi sebagian besar orang Indonesia. Wanita, laki-laki, anak-anak dan orang tua sangat senang makana yang satu ini. Rasa daging sapi pada bakso memang sudah menjadi ciri khas masakan yang banyak tersedia di semua wilayah nusantara ini. Tidak sedikit pula dari masyarakat Indonesia yang ketagihan dengan makanan ini dan bahkan menjadi santapan rutin sehari-hari. Cara membuat bakso daging sapi yang enak tidaklah sulit karena beberapa bahan yang dibutuhkan cukup sederhana dan mudah didapatkan. Berikut ini resep membuat bakso daging sapi lezat yang bisa Anda coba sendiri di rumah untuk disajikan bersama keluarga.



Bahan-bahan yang diperlukan:
-        1 kilogram daging sapi yang sudah digiling
-        1 ons tepung kanji
-        6 siung bawang putih
-        1 sdm garam
-        1/2 sdt merica bubuk
-        penyedap rasa

Cara membuat bakso:

Cara membuat bakso Pertama, haluskan terlebih dulu bawang putih dengan cara ditumbuk atau menggunakan blender. Lalu campur bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam adona daging sapi yang sebelumnya dibubuhi garam, merica, penyedap rasa dan tepung kanji. Aduk perlahan dan uleni adonan tadi sampai merata selama kurang lebih 10 menit. Sesudah adonan tercampur dengan merata, bentuklah adonan menjadi bulatan-bulatan dengan tangan.
Ukuran bulatan dapat disesuaikan dengan keinginan sendiri dan usahakan supaya ukurannya tidak terlalu besar. Hal ini ditujukan agar adonan bakso dapat matang secara merata dan lebih cepat. Masukkan bulatan bakso ke dalam air panas lalu rebuslah ke dalam air yang sudah mendidih. Bakso yang sudah matang terlihat jika mengapung pada permukaan air yang mendidih tadi. Durasi perebusan bakso biasanya berkisar antara 10 sampai dengan 15 menit. Angkat bakso yang matang lalu tiriskan pada suhu ruangan.

Bahan-bahan untuk membuat kuah bakso:
-        Bumbu khusus kuah bakso
-        5 siung bawang putih (digoreng dan dihaluskan)
-        4 siung bawang merah (digoreng dan dihaluskan)
-        ½ sdm bawang goreng yang sudah dihaluskan
-        2 sdt gula pasir
-        1 sdm garam
-        ½ sdt lada
-        4 batang daun bawang (diambil bagian putihnya dan diiris halus)
-        2 sdt kaldu sapi instan

Cara membuat:
Rebuslah air bersama semua bumbu hingga mendidih dan benar matang. Bila sudah matang, kecilkan api dan Anda sudah bisa menyajikan kuah ini dengan baksonya.


Demikian resep membuat bakso daging sapi nikmat yang akan sangat cocok bila disajikan bersama keluarga terutama selagi masih hangat. Akan lebih lezat dan nikmat lagi apabila ditambahkan makann lain seperti tahu, siomay, mie dan lain-lain sesuai selera. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba sendiri di rumah.
Resep membuat bakso daging sapi | swadigital team | 5

0 comments:

Post a Comment