Kumpulan resep masakan Manado

Cakalang fufu adalah salah satu resep masakan Manado yang paling banyak digemari oleh masyarakat disana. Cakalang fufu adalah telah ikan yang diawetkan dan sudah proses pengasapan. Yang biasanya digunakan untuk bahan bakarnya adalah sabut kelapa. Pemilihan sabut kelapa dikarenakan mampu menimbulkan aroma yang sedap dan khas. Ikan ini dapat tahan sampai 1 minggu tanpa bahan kimia atau zat pengawet. Cakalang dapat bertahan lebih lama jika disimpan di dalam lemari es.
Ikan cakalang merupakan jenis ikan asli asal Manado yang bernilai komersial sangat tinggi dan biasanya sering dijual dalam keadaan masih beku dan segar. Selain itu, ikan cakalang biasanya sudah diproses sebagai ikan kaleng, ikan asap atau ikan kering. Di daerah asalnya Manado dan Maluku, jenis ikan cakalang sering diawetkan dengan cara diasap yang dikenal juga dengan sebutan cakalang fufu (cakalang asap).


Cakalang fufu dikenal sebagai oleh-oleh khas Manado dan komoditas perikanan terbesar di perairan Sulawesi. Resep masakan Cakalang asap biasanya dimasak dengan cara  digoreng, rica dan pampis (suwir). Cakalang fufu yang paling digemari adalah yang dimasak dengan santan. Rasa ikan asap yang khas dicampur dengan rasa santan yang legit mampu memberikan citarsa tersendiri bagi para penikmatnya. Berikut ini salah satu resep masakan khas Manado yang sangat direkomendasikan bagi Anda yakni cara membuat cakalang fufu sendiri di rumah.

Bahan-bahan utama yang diperlukan:
-         3 sdm minyak untuk tumis
-         500 gr ikan cakalang asap (fufu)
-         2 batang serai (dimemarkan)
-         1 jeruk limau (diambil airnya saja)
-         1 ikat daun kemangi (diambil daunnya saja)
-         5 lembar daun jeruk (diiris-iris halus)
-         2 cm lengkuas (dimemarkan)
-         3 cm jahe (dimemarkan)

Bahan – bahan untuk bumbu - bumbu halus:
-        1 sdt terasi yang sudah dibakar
-        8 buah cabe merah
-        1 sdt garam
-        7 buah cabe rawit merah
-        ½ sdt gula pasir
-        8 siung bawang merah

Cara membuat:
Pertama, suwir-suwir daging ikan cakalang fufu lalu goreng beberap saat dan kemudian sisihkan. Kemudian tumis jahe, bumbu halus, serai, lengkuas dan daun jeruk sembari diaduk-aduk hingga mengeluarkan aroma yang harum. Selanjutnya, masukkan suwiran ikan cakalang tadi dan diaduk-aduk sampai merata. Lalu masak sembari diaduk-aduk hingga semua bumbu-bumbunya meresap. Setelah itu, tambahkan daun kemangi beserta air jeruk limau dan aduk hingga merata. Lalu dimasak sampai benar-benar matang. Setelah matang, angkat dan sajikan untuk lima porsi.

Bagi Anda yang merasa jago dalam hal memasak, sepertinya harus mencoba resep masakan Manado yang satu ini. Rugi sekali jika Anda belum pernah mencoba memasaknya sendiri dan merasakan kenikmatannya. Selamat mencoba.


Kumpulan resep masakan Manado | swadigital team | 5

0 comments:

Post a Comment