Kumpulan resep makanan bayi 6 bulan

Jika merunut pada buku panduan posyandu, resep makanan bayi 6 bulan tergolong cukup sederhana dimana bayi pada usia ini cukup diberi bubur susu saja. Bagi Anda yang mungkin merasa bingung dengan bubur susu, pada dasarnya cara membuat bubur susu sangatlah mudah yakni dengan mencairkan roti biskuit dengan air susu. Maka wajar saja bila resep masakan untuk bayi usia 6 bulan cukup simpel karena pada kisaran usia ini bayi belum mempunyai gigi sehingga tidak mungkin untuk diberi berbagai jenis makanan yang teksturnya cenderung keras.


Berikut ini akan dibahas beberapa jenis resep masakan bayi untuk usia 6-8 bulan berdasarkan buku panduan posyandu. Bahan-bahan untuk membuat bubur susu adalah gula, tepung beras dan susu. 
Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan susu, gula, tepung beras dan air. Kemudian aduklah campuran tersebut sampai merata. Selanjutnya, panaskan bahan makanan bayi tadi dengan menggunakan api kecil sampai benar-benar matang. Saat memanaskan sebaiknya semabri diaduk-aduk supaya tidak gosong pada bagian dasarnya.
Selain dari bubur susu, terdapat resep makanan bayi 6 bulan lain yang cara pembuatannya lebih praktis yakni pisang lumat halus. Cara membuatnya adalah dengan mengambil buah pisang yang sudah matang dan cuci sampai bersih kulitnya. Lalu kupas separuh kulit pisang tadi dan kerok bagian dagingnya dengan mengunakan sendok kecil. Kemudian berikan kerokan buah pisang tersebut pada bayi Anda. Ketika berusia 7 bulan, bayi sudah bisa diberi nasi tim atau bubur lumat dengan daging dan sayuran. Pada kisaran usia ini, bayi sebenarnya sudah dapat mengkonsumsi buah-buahan yang sudah dilumatkan.
 Sebaiknya, buatlah variasi untuk semua resep makanan bayi agar bayi tidak mudah bosan seperti ayam, telur, ikan, daging, bayam, tahu, wortel, kacang hijau dan sebagainya. Beri bayi buah-buahan seperti papaya, pisang dan jeruk yang manis. Porsi pemberian makanan untuk bayi 6 bulan setiap harinya adalah sekitar 2-3 sendok makan tiap kali makan. Frekuensi pemberian makanan sebanyak 2-3 kali dalam 1 hari. Selain itu, bayi umur 6 bulan sudah bisa diberi makanan selingan seperti biscuit atau jus buah sekitar 1-2 kali setiap harinya.

Di sisi lain, ASI harus terus diberikan pada bayi usia 6 bulan karena resep makanan bayi 6 bulan tersebut merupakan pembantu atau pendukung ASI. Apaial anda terlalu sibuk untuk memasaka makanan bayi sendiri, maka bisa membeli makanan atau bubur instan yang banyak tersedia di pasaran. 

Demikian resep makanan bayi 6 bulan yang bisa Anda atau para ibu coba untuk disajikan pada buah hati tercinta. Resep makanan tersebut pastinya sudah memenuhi kebutuhan gizi si kecil karena berdasarkan resep makanan pada buku panduan posyandu.
Kumpulan resep makanan bayi 6 bulan | swadigital team | 5

0 comments:

Post a Comment