Resep Nasi uduk kebon kacang

Resep Nasi uduk kebonkacangNasi uduk merupakan salah satu sajian kuliner asli indonesia yang dapat dengan mudah ditemukan khususnya di daerah Betawi yakni di kawasan Kebon Kacang. Pada dasarnya, rasa keseluruhan dari nasi uduk sama saja, yang berbeda hanya dari segi  penyajiannya saja yang agak berbeda. Nasi uduk kebon kacang biasanya disajikan dengan dibungkus dengan daun pisang.Berikut ini akan diulas tentang resep  membuat nasi uduk asli Betawi ini.

nasi uduk kebon kacang

Bahan – bahan utama yang diperlukan:
-        250 gram beras yang sudah dicuci bersih
-        350 mililiter santan kental
 Bahan – bahan untuk bumbu nasi uduk:
-        2 lembar daun salam
-        2 batang serai yang sudah dimemarkan
-        1/2 sendok teh garam

Bahan – bahan untuk pelengkap nasi uduk:
ayam goreng, tempe goring, tempe orek, perkedel kentang, irisan telur dadar, semur tahu dan kentang, semur jengkol, irisan bawang goreng, sambal cabai kemiri, sambal kacang nasi uduk, lalapan (mentimun, tomat dan kol), kerupuk atau emping goreng. Bahan – bahan tersebut disesuaikan dengan selera masing-masing dan tidak bersifat wajib.

Cara memasak nasi uduk:
-       Campurkan beras dengan santan dan bumbu lalu aduk hingga merata.
-       Masak nasi dengan api sedang sampai mendidih sembari diaduk sesekali sampai santan benar-benar terserap habis dan nasi setengah matang.
-        Pindahkan nasi setengah matang tersebut ke dandang kukusan lalu kukus sampai matang.
-       Angkat dan sajikan nasi uduk dengan bawang goreng dan bahan pelengkap lainnya.


Anda juga dapat melakukan sedikit modifikasi pada masakan ini untuk mendapatkan sensasi atau citarasa yang berbeda. Caranya adalah dengan mencampurkan kecap, sambal terasi, sambal kacang dan kucuran air perasan jeruk limau. Nasi uduk yang masih polos kemudian ditaburi bawang goreng dan dicocol dengan campuran sambal tadi yang memiliki rasa manis, pedas dan asam.  

Resep masakan nasi uduk kebon kacang ini cukup untuk 5 porsi. Nasi uduk asli Betawi ini memang sudah lama dikenal sebagai makanan atau kuliner paling enak, mengenyangkan, sederhana dan yang paling penting mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Simak pula ulasan mengenai resep nasi goreng kambing yang telah kami bagikan sebelumnya. 
Resep Nasi uduk kebon kacang | swadigital team | 5

0 comments:

Post a Comment