Cara mudah membuat kue brownies

Kue brownies kukus yang paling terkenal dan banyak digemari saat ini adalah yang berasal dari Bandung. Pada dasarnya kue brownies merupkan variasi dari kue bolu yang dengan cerdas diolah kembali menjadi sebuah cemilan yang lembut dan lezat. Berkut ini akan diulas cara membuat kue brownies dengan mudah dan praktis.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk brownies kukus:
-        7 butir telur (350 gram)
-        Vanili bubuk 1/2 sdt
-        garam 1/2 sdt
-        gula pasir halus 200 gr
-        Terigu rendah protein yang diayak 125 gr
-        Baking powder yang diayak 1/2 sdt
-        Emulser kue (Ovalet) 15 gr
-        Minyak sayur yang sudah dicairkan 50 ml
-        Margarin cair 50 gr
-        Cokelat bubuk cair 25 gr
-        pasta cokelat 1 sdm



Cara Membuat:
Pertama. masukan telur, vanili, garam dan gula pasir dan campurkan bahan ini dengan cara dikocok hingga larut. Kemudian masukkan ke dalam adonan terigu dan baking powder hingga mengembang dengan cara diaduk berulang-ulang. Setelah adonan mengembang, masukan secara bergantian semua bahan sembari diaduk terus menerus. Campurkan dan aduk minyak sayur, margarin, cokelat bubuk dan coklat pasta sampai benar-benar merata.
Selanjutnya, siapkan loyang yang dialasi plastik bening untuk digunakan mengukus adonan. Ukuran loyang standar adalah 20x20 cm. Kemudian tuangkan adonan yang telah jadi ke dalam loyang dan kukus selama setengah jam. Setelah benar benar matang, angkat dan terus dinginkan beberap saat. Untuk taburan atau toping, bisa memakai coklat ganache atau potongan kacang almond.
Apabila tidak menyukai coklat, siapkan 250 gr dark baking chocolate yang sudah dicairkan dan 150 gr margarin. Aduk dua bahan tersebut dan kemudian ambillah 1 buah cake. Lapisi permukaan atasnya dengan cokelat ganache tadi. Kue bolu yang telah dilapisi tadi kemudian ditumpuk dengan kue bolu lainya. Beri permukaan atasnya dengan coklat ganache atau dengan menyiramnya sampai merata. Biarkan sesaat sampai coklat akhirnya mengeras.

Resep Brownies Kukus Sederhana
-        175 ml minyak goreng
-        150 gram gula pasir
-        50 gram terigu
-        30 gram coklat bubuk
-        6 sdm susu coklat manis dan kental
-        4 telur utuh dan 1 putih telurnya saja
-        1/2 sendok teh baking powder

Cara membuat brownies cokelat kukus :

Campurkan telur dan gula kemudian masukkan baking powder. Kocok bahan-bahan tersebut hingga adonan mengembang. Campurkan coklat bubuk dan tepung secara bergantian dengan susu kental coklat manis. Masukkan ke dalam adonan secara perlahan dan campurkan dengan minyak sambil diaduk sampai merata. Kukus adonan pada loyang selama 30 menit dan angkat sebentar untuk menaburkan almond atau cokelat dan kukus lagi sampai matang, Angkat dan kue brownies sudah siap untuk disajikan.

Demikian ulasan tentang cara membuat kue brownies dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba dan selamat berkreasi. Simak pula resep kue yang telah kami bagikan sebelumnya.
Cara mudah membuat kue brownies | swadigital team | 5

0 comments:

Post a Comment