Aneka Resep Sederhana Kue Dorayaki

Aneka Resep Sederhana Kue Dorayaki – Salah satu resep kue Jepang yang paling terkenal adalah kue dorayaki. Pastinya hampir dari kita semua mengenal kue ini melalui salah satu kartun fenomenal Jepang yaitu Doraemon. Dikisahkan kucing doraemon amat menyukai kue dorayaki ini. Kue dorayaki pada dasarnya adalah resep kue sederhana bertekstur lembut dan memiliki rasa manis yang disukai hampir semua kalangan baik anak-anak ataupun dewasa.

Resep kue dorayaki sebenarnya sangat mudah. Umumnya kue dorayaki memiliki beberapa kombinasi rasa antara lain dorayaki isi kacang hijau, dorayaki coklat strawberi, hingga dorayaki krim kopi. Dan Anda bisa menyajikan resep kue dorayaki ini dengan kombinasi lain sesuai dengan selera Anda. Kali ini tim kumpulan resep akan membagikan aneka resep kue sederhana dorayaki. Silahkan disimak.

Resep Kue Dorayaki Kacang Hijau

Bahan Kulit Kue Dorayaki :

180 gr tepung terigu
3 butir telur ayam
150 gr gula halus
1/2sdt baking powder
1 sdt Madu
Air secukupnya

Bahan Isi Kue Dorayaki :

kacang hijau 250 g
Gula pasir

Cara Membuat Kue Dorayaki :
Pertama, campur telur, tepung terigu, gula pasir serta baking powder menjadi satu lalu tambahkan madu dan air secukupnya. Kemudian buat adonan sedikit kental, mirip seperti adonan kue martabak.
Panaskan loyang cetakan dorayaki dan olesi dengan mentega/minyak, kemudian masukan adonan kue dorayaki kedalam cetakan, panaskan hingga tampak kuning kecoklatan, lalu angkat.
Untuk membuat isi Dorayaki
Rebus  kacang hijau,buang air rebusannya, kemudian haluskan kacang hijau dan tambahkan gula pasir. Isi kue dorayaki dipanaskan dengan kuali hingga sedikit mengering.
Ambil 2 bh kulit kue dorayaki yang telah masak, beri salah satu kulit tersebut salah satunya kacang hijau dan kulit satu lagi sebagai penutup, sambil menekan-nekan sedikit adonan dorayaki. Resep Kue dorayaki pun siap dihidangkan.

Resep Kue Dorayaki Strawberi Keju

Bahan-bahan Kue Dorayaki

Bahan Kulit:
3 butir telur ayam
75 gr gula pasir
madu secukupnya
3/4 sdt garam
250 gr tepung terigu (protein sedang)
2 sdt baking powder
150 ml susu cair

Bahan Isi Krim Keju :
100 gr cream cheese kemudian lembutkan dengan garpu
1 sendok makan susu putih (kental manis)

Bahan Olesan:
50 gr selai stroberi
50 gr keju cheddar yang telah diparut

Cara Menbuat :
Untuk membuat adonan kulit:
Pertama kocok telur campurkan gula pasir, madu, dan garam. Tunggu 2 menit hingga mengental. Lalu tambah tepung terigu dan baking powder sambil dimasukkan susu cair, aduk hingga rata.
Panaskan wajan datar, olesi dengan margarin. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengoleskan margarin karena margarin yang kebanyakan akan membuat warna kue dorayaki tidak merata.
Masukkan 1 sendok makan adonan. Biarkan hingga mengembang. Balik adonan sampai matang lalu angkat.

Krim keju: kocok cream cheese, campurkan dengan susu kental manis hingga lembut.
Ambil selembar kulit adonan lalu oleskan krim keju dan ambil selembar kulit adonan lain dan olesi dengan selai stroberi. Taburkan keju parut lalu tutup dengan dorayaki yang sudah dioles krim keju.
Hidangan Resep Kue Sederhana Dorayaki ini siap dihidangkan 16 buah.

Resep Kue Dorayaki Krim Kopi

Bahan :
1/2 sendok baking powder
100 ml air
200 g tepung terigu
2 sdm susu bubuk
35 g gula pasir
2 butir telur, kocok lepas
1 sendok makan margarin yang telah dilelehkan

Bahan Krim Kopi:
75 g krim bubuk
150 ml air kopi dingin (buat dari 1/2 sendok makan kopi instan campurkan pada 150 ml air panas)
50 gram cokelat keping kecil (untuk taburan)

Resep Kue Sederhana Dorayaki Krim Kopi

Aduk rata bahan,campurkan tepung terigu, susu bubuk,gula pasir lalu aduk hingga rata.
Lakukan cara yang sama seperti membuat kue dorayaki lainnya. Untuk isi kocok krim dan air kopi hingga kental. Masukkan dalam plastik segitiga dan beri spuit lalu semprot dengan krim. Lipat dua adonan dan tabur dengan cokelat keping yang telah disiapkan. Hidangan resep kue dorayaki ini siap dihindangkan untuk 18 buah.

Resep kue sederhana dorayaki cocok untuk dihidangkan pada waktu sore ditemani dengan teh manis hangat. Silahkan Anda praktekkan resep kue dorayaki ini untuk orang-orang tercinta dirumah. Kami juga telah membagikan resep kue bolu sederhana pada artikel sebelumnya. Selamat mencoba.


Aneka Resep Sederhana Kue Dorayaki | swadigital team | 5

0 comments:

Post a Comment