Resep membuat cupcake yang lembut

Resep membuat cupcake yang lembut - Jika anda termasuk penggemar aneka kue, tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya cup cake. Yups…kue yang memiliki banyak varian dan rasa yang sangat nikmat ini memang sangat disukai banyak orang dari berbagai usia. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, karena cup cake memiliki rasa manis yang pas sehingga terasa nikmat di lidah. Apalagi untuk anda yang hobi jajan atau ngemil, pasti sangat mengenal dengan kue cup cake yang imut ini.
Sebenarnya cupkake merupakan salah satu jenis kue bolu namun memiliki bentuk yang berbeda, karena pada pembuatan cupcake menggunakan cetakan kecil yang berbentuk cup sehingga bentuknya sangat berbeda daripada kue bolu pada umumnya, karena cetakan yang digunakan memiliki bentuk seperti cup makanya kue ini dinamakan cupcake. Sebenarnya cara membuat cupcake bisa dioven ataupun dikukus tergantung selera anda sendiri.
Selain itu, cupcake juga bisa dihidangkan dengan teh hangat dan kopi. Cupcake memiliki banyak sekali varian bentuk dan rasa seperti rasa keju, rasa coklat, rasa vanilla, cupcake oreo, cupcake ice cream, dan lainnya. Sebenarnya untuk kreasi cupcake bisa anda kembangkan dengan ide anda sendiri. Kali ini saya akan berikan resep membuat cupcake yang lembut, silakan disimak ya.


Bahan Pembuatan Cupcake:
120 ml susu cair
120 gram gula halus
30 gram coklat bubuk
130 gram tepung terigu
130 gram mentega
3 butir telur yang sudah dipisahkan bagian kuning dan putihnya
Setengah sendok teh garam

Resep membuat cupcake coklat lembut :

Tahap pertama masukan susu cair dan coklat bubuk lalu panaskan sambil diaduk hingga bercampur dengan rata sehingga tidak terjadi penggumpalan. Setelah kedua bahan tersebut telah menjadi satu kemudain matikan api kompor.
Campurkan gula halus dan mentega kemudian diaduk hingga menjadi larut setelah itu diangkat, lalu tambahkan kuning telur dan kocok hingga semua bahannya menjadi rata.
Sambil terus mengaduk adonan tersebut, tuangkan tepung terigu secara bertahap hingga bercampur menjadi satu.
Ditempat lain, campurkan garam dan putih telur kemudian aduk hingga merata kemudian tambahkan sisa gula halus perlahan-lahan sambil terus diaduk semua bahan yang sudah tercampur hingga mengembang.
Resep membuat cupcake coklat selanjutnya, masukan tepung terigu kedalam adonan yang sudah mengembang tersebut, lalu aduk secara perlahan hingga tepung menjadi larut ke dalam adonan.
Setelah itu, tuangkan semua adonan tersebut kedalam cetakan yang sudah dilapisi krertas yang memiliki bentuk cup. Setelah itu, masukan kedalam oven dengan suhu 180 derajat celcius. Diamkan kurang lebih selama 25 menit atau hingga matang. Kemudian anda bisa tambahkan toping diatasnya.
Cupcake atau yang juga sering disebut muffin ini ternyata sangat mudah dibuat, apalagi semua bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk didapat. Semoga informasi mengenai resep membuat cupcake yang lembut dan enak dapat bermanfaat untuk anda.

Resep membuat cupcake yang lembut | swadigital team | 5

0 comments:

Post a Comment