Cara mudah membuat bakso di rumah

Cara mudah membuat bakso di rumah - Kuliner Indonesia yang tidak pernah hilang dari jaman dahulu hingga sekarang adalah bakso. 

Yups…makanan yang berbentuk bulat dengan bahan dasar daging ini memang sangat disukai banyak orang dari berbagai usia dan kalangan. Mulai dari anak-anak, kaum muda, hingga orang tua. Hal ini dikarenakan bakso memiliki tekstur daging yang empuk dan rasanya yang sangat nikmat. Apalagi jika pada malam hari atau musim hujan, bakso menjadi makanan favorit yang dapat menghangatkan tubuh.
Saat ini, bakso sangat mudah untuk ditemukan. Karena hampir setiap hari diberbagai tempat selalu ada tukang bakso yang berkeliling. Bahkan, ada juga restaurant atau tempat makan yang khusus menyajikan menu bakso di tempatnya. Apalagi jika makan bakso dengan dicampur sambal ataupun saos, tentunya akan terasa lebih nikmat lagi. Selain itu, sekarang ini sudah banyak bakso dengan berbagai varian rasa dan bentuk.
Namun, terkadang rasa males menyelimuti diri kita, padahal ingin sekali makan bakso tapi males banget pergi keluar. Nah…daripada anda beli bakso, lebih baik anda buat bakso sendiri saja. Disamping lebih hemat, bakso yang anda buat juga lebih terjamin kesehatannya. Karena saat ini banyak sekali oknum penjual bakso nakal yang menggunakna bahan berbahaya seperti borax pada baksonya. Tapi tidak semua tukang bakso seperti itu loh. Berikut ini saya akan berikan tips mengenai cara membuat bakso yang terjamin kelezatannya, silakan disimak ya :



Bahan untuk Membuat Bakso :
350 gram daging sapi giling
200 gram tepung kanji
7 butir bawang putih goreng
7 butir bawang merah
1 sendok makan garam
1,5 sendok teh merica bubuk
3 liter air
1,5 sendok teh lada bubuk
Penyedap rasa secukupnya
Jika semua bahan diatas sudah tersedia, kita lanjut ke tahapan berikutnya yang paling penting dan yang paling ditunggu-tunggu dalam membuat bakso…hehe.

Cara Membuat Bakso :

Campurkan daging sapi dengan tepung kanji dan bumbu lainnya yang sudah disiapkan kemudian diaduk hingga merata. Kemudian campurkan sedikit batu es dan blender hingga menjadi halus. Jika dirasa kurang halus, masukan lagi es batu kedalamnya tapi jangan terlalu banyak.
Tahap berikutnya rebus 3 liter air hingga mendidih. Sambil menunggu, ambil adonan kemudian dibentuk hingga menjadi bulat dengan cara dikepalkan lalu ambil menggunakan sendok dan kumpulkan dalam satu tempat yang bersih dan licin agar adonan bakso tidak menempel.
Setelah air mendidih, masukan semua adonan bakso yang telah dibentuk menjadi bulat kedalam panci dan rebus menggunakan api yang kecil supaya panasnya bisa merata ke dalam bakso. Supaya kuah baksonya memiliki rasa yang nikmat, maka gunakan balungan sapi sehingga menghasilkan kaldu yang gurih  atau anda bisa juga menggunakan penyedap makanan.

Bakso siap dihidangkan, anda juga bisa mencampur bihun ataupun mie kuning sesuai dengan selera anda. Ternyata sangat mudah kan untuk membuat bakso.
Demikian tips yang dapat saya berikan, semoga tips cara membuat bakso dapat bermanfat untuk anda sehingga anda bisa membuat bakso sendiri di rumah.
Cara mudah membuat bakso di rumah | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment